I S O…… iso opo ora?? atau cuma nyusahin doang??

Lima fakultas (Biologi, Farmasi, MIPA, Peternakan, dan Teknologi Pertanian), dua program studi (Teknik Kimia, Teknik Sipil dan Lingkungan), serta dua Unit Pendukung Universitas (UPU) di lingkungan UGM (LPPM dan KJM) telah mengikuti sertifikasi ISO 9001:2000 oleh Worldwide Quality Assurance (WQA). Kegiatan ini telah dimulai sejak 7 Januari 2008, diawali dengan Kick Off and Awareness ISO 9001:2000 Workshop yang dibuka oleh WRSP3M di Ruang Sidang LPPM, KPTU UGM Lantai 3 Sayap Selatan.

….. selanjutnya..

Apa itu ISO? ISO atau International Standardization Organization merupakan salah satu jaminan mutu yang mulai diterapkan di berbagai bidang industry maupun jasa sekarang ini. Jaminan mutu sendiri adalah seluruh perencanaan dan kegiatan sistematik yang diperlukan untuk memberikan suatu keyakinan yang memadai terhadap sumber daya yang terkait. Beberapa jenis ISO yaitu ISO 9000 (meliputi aspek manajemen), ISO 14000 (meliputi aspek manajemen + lingkungan), ISO 17000 (meliputi manajemen laboratorium penguji), dsb.. ISO 9000 menerapkan standar manajemen mutu dengan tujuan bukan untuk menyeragamkan tapi untuk meningkatkan keandalan dari unit-unit.. (Sumber: catatan kuliah Keamanan Pangan)

Lalu apa hubungan semua ini dengan judul postingan saya?? ….

Begini, sejak diterapkannya ISO di kampus tercinta , semua prosedur dalam urusan akademik menjadi terasa lebih rumit. Seperti yang dialami teman saya pagi ini ,

“heraa….hiks, biz ngadep P’ Jeff nie,, tau ga sie,, tadi aku disemprot ma bapaknya… masa dia bilang kalo hipotesisku dangkal?? Terus ditanya macam-macam…bla-bla..” .

Inti dari obrolan kami pagi itu, kenapa sekarang segala urusan jadi diperumit?? Berhubung dia (teman saya) sudah termasuk angkatan tua (hmm…saya juga?), seharusnya segala urusan dapat dipermudah. Maksudnya, yang dulunya urusan gampang, kenapa sekarang jadi dipersulit?? Pihak akademik Cuma bisa bilang ini kan karena sudah ISO mbak”

Sama seperti yang saya alami tadi pagi. Ketika saya akan mengambil form 1, 2, akademik bilang kalau saya bermasalah. Saya langsung kaget.

Kenapa pak?”.

“Mbak kemarin sudah ambil form 1, 2 kan? Jadi sekarang udah ga bisa lagi mbak..”

“Maksud bapak?”

“Gini mbak, kemarin SK untuk pembimbing sudah dikeluarkan. Jadi mbak ga bisa seenaknya ganti judul terus minta ganti pembimbing..urusannya susah mbak..”

(rasanya saya sudah hampir mau nangis)

Terus gimana pak?kemarin saya udah bilang ke akademik,kalo saya disuruh ganti judul ma pembimbing saya..dan pihak akademik Cuma bilang gapapa..”

“Ya udah…mbak temuin Pak Sukiman dulu, biar beliau yang ngasih solusinya gimana”

…..

Akhirnya saya menemui Kepala Akademik, dan Alhamdulillah urusan bisa lancar. Saya pun bisa mendapatkan form 1, 2. Hore!

Tapi… masih panjang jalan menuju gerbang kemenangan kelulusan… semoga ISO ini tidak mempersulit urusan saya kedepannya..semoga saya bisa menjalaninya. Amien…. 🙂

10 thoughts on “I S O…… iso opo ora?? atau cuma nyusahin doang??

  1. iso = ibarat jaminan mutu ; semoga yang sedang menjalani tahap ‘aniaya kawah candradimuka proposal penelitian bin semoga jadi skripsi’ bisa tabah bin sabar yooo..trus, kalo udah lulus tuh kualitasnya jaminan mutu. ISO gitu loh😛. Semangat !

  2. ISO 9000 merupakan manajemen pendekatan sistem yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen, konsumen dalam hal ini adalah mahasiswa. Mestinya perguruan tinggi yang mewujudkan penerapan ISO 9000 malakukan fungsi seperti harapan ISO 9000. Namun kadang Misinterpretation dari Requirement yang ada di ISO 9001: 2008. hal ini menjadi tidak efektifnya penerapan tersebut sehingga tidak tercapai pemenuhan kebutuhan dan harapan mahasiswa.(kebutuhan dan harapan mahasiswa tertuang dalam kurikulum yang disepakati perguruan tinggi dan mahasiswa, keluarga dari mahasiswa, perusahaan calon mahasiswa bekerja)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s