Ujung-ujungnya (pasti) tentang gender….

Ceritanya gini, saya berencana mau penelitian di Baturraden (purwokerto) dah dari jauh-jauh hari. Saya memulainya sesuai dengan prosedur yang ada, yakni menyiapkan proposal penelitian. Dan akhirnya, Alhamdulillah sekarang soal itu sudah 80% beres (form 1,2) sehingga saya bisa meminta surat izin penelitian dari pihak akademik. Secara prosedur saya bisa dibilang sudah cukup baik, namun dari segi teknisnya saya masih kurang. Dari segi teknis yaitu bagaimana saya berangkat, disana mau tinggal dimana, dan bla-bla-bla lainnya saya masih belum begitu memikirkannya, hingga saat ini saya berada di titik kebingungan….

Beberapa hari sebelum saya siap berangkat, ada seorang ibu-ibu S3 yang menawarkan diri untuk menemani saya ke daerah Baturraden tersebut. Beliau bilang mau sekalian penelitian disana.

Jadi, nanti kalo mbak hera dah mau berangkat,bilang-bilang aja sama saya ya…”

Saat saya bilang kalo saya dah mau berangkat, entah kenapa saya menemukan sedikit mimik yang aneh dari ibu tersebut. Saya menduga, beliau tidak bisa mendampingi saya. Dan ternyata dugaan saya 90% betul, entah karena alasan apa beliau tidak jadi ikut, beliau tidak menjelaskan kepada saya.. Dan saya pun akhirnya menghadap kembali ke dosen pembimbing saya,

Jadi gimana Her, kamu jadi berangkat sama siapa dan bagaimana?”

Saya pun menjelaskan perihal tidak jadi ikut sertanya ibu S3 tersebut..

Intinya, dosen saya menanyakan bagaimana teknisnya saya ke lokasi Limpakuwus yang mesti ditempuh minimal dengan kendaraan pribadi (motor atau mobil), sedangkan saya disini tidak punya apa-apa (fyuh…malang bener ya??)

Akhirnya saya mengajak teman saya (cowo) yang pada awalnya memang saya ajak untuk ikut penelitian yang sama namun untuk judul yang berbeda pastinya. Dia mau. Katanya naik motor lebih gampang ke lokasi tersebut (sebelumnya dia udah kesana lebih dulu, tanpa ngajak-ngajak , dan itu membuat saya sempat sebel kepadanya)..

Dan masalahnya sekarang disini, akankah kedua orangtua saya memperbolehkan saya berangkat ke baturraden naik motor berdua hanya sama cowo????. karena saya perempuan????…. suatu hal yang sangat sulit dijelaskan kepada kedua orangtua saya…

Mohon doanya ya, semoga saya bisa..

8 thoughts on “Ujung-ujungnya (pasti) tentang gender….

  1. aduh her .. susah ya jawab pertanyaan kamu, bukannya pesimis .. biasanya kalau cuman pergi berdua apalagi bersama lawan jenis, ortu jarang banget kasih ijin. Tapi aku doakan semoga ada jalan buat kamu tetap pergi kesana .. atau kalau perlu ajak mansup sekalian .. xixixixixi ( kabuuur ah )

  2. @Nia
    mbaaaaa….. ini bukan masalah ada tidaknya mansup… *timpuk*
    but eniwei,, thanks atas doanya yaaa……🙂

    @warmorning
    oke Om… saya percaya… mohon doanya agar saya selamat lahir batin yaa…

  3. Kan sudah saya bilang, itu larangan bukan karena kamu cewek, tapi karena resiko naik motor lebih besar daripada naik bus. Hujan, panas, debu, capek, pegel, belum lagi yang non tekhnis lainnya.

    Sudahlah, naik bus aja dulu, nanti di sana juga bisa pinjem motor temennya kan? Awas kalo sampai cinlok!

  4. @Mansup: hduwh Mansup, ternyata naluri “kebapakan” mu dah muncul ya..
    Cinlok??-doain aja ga..
    Dulu saya pernah ke Cilacap naik motor ma anak2.. (up’s! Off d’record tuh sebenarnya!)

  5. hm.. paling asik berkendara. Banjarbaru-Jorong, cuma berdua dengan teman cewek saya (waktu blum nikah).. sebenarnya mau ke batu ampar eh nyasar ke Jorong. Demi nyari benih kacang tanah tuh,varietas kelinci (bukan kacang dua kelinci looo)buat penelitian dan yang jual cuma di daerah Batu Ampar Pelaihari. Waduh..that’s awesome journey ! Pemandangannya asik banget, walopun sempat kesulitan cari tempat wudhu yang tertutup buat shalat. Kalo inget itu,jadi pengen lagi ke sana tapi bedua ma si abi.. pasti asik.

Leave a Reply

