Ullen Sentalu

hmm…beberapa minggu ini lumayan sering jalan bareng ma temen-temen..

awal agustus kemain, hari sabtu, janjian ketemuan ma temen-temen KKN.. dah cukup lama kita ga kumpul lagi, berhubung selalu sibuk dengan urusan masing-masing (hee..sok sibuk mode on’)

ABCD0005

akhirnya  kita pun  memutuskan untuk bertemu di kost Ethu, alias Resthu🙂 malamnya kita bingung untuk merencanakan mau jalan-jalan kemana, sepakatnya sih tempat wisata. Ketep, Taman Sari, sampai Dieng sudah dijadikan pilihan. Hasil voting memutuskan museum lah tujuan kita, yaitu Ullen Sentalu , yang berada di Kaliurang paling atas, dekat Merapi..

ABCD0006

Kita memutuskan kesana karena kebanyakan belum pernah mengunjungi tempat tersebut, hanya  satu yang pernah, tapi dia juga udah lupa, hee….

Janjian jam 10 pagi, berangkat baru jam 1 siang!! (Indonesia, indonesiaaaa…..hehee)

Kelaparan di jalan, kita pun mampir di Kang Cepot, spesialis batagor…lumayan, buat ganjalin perut bentar🙂

Perjalanan keatas kira-kira hanya satu jam, dengan berbekal pengetahuan yang  minim mengenai lokasi yang dituju (alias ga tau tempatnya dimana), tapi ternyata kita sampai juga..

Harga tiket masuknya untuk orang umum Rp.25.000,00, tapi untuk pelajar/ mahasiswa Rp.15.000,00 (inilah salah satu keuntungan jadi mahasiswa..hahaaaa…)

Jam 2 siang kita masuk, 10 orang dengan 1 guide perempuan. Mba nya aktif banget njelasin segala macam yang ada didalam.. ada beberapa ruangan (agak bawah tanah gitu) yang kita masuki, semuanya menceritakan tentang sejarah Jawa tempo dulu, khususnya mengenai raja-raja yang ada Jawa tengah (Yogyakarta dan Solo).

Salah satu lukisan yang cukup menarik perhatian adalah lukisan tiga dimensi seorang putri (lupa namanya), yang mana tampak seperti menatap  balas wajah kita.. kayanya kalo tiba-tiba mati lampu disana cukup serem juga…hee…

Yang teringat, bahwa Hamengkubuwono (HB) VII merupakan  sultan raja yang paling disegani dan disenangi seluruh rakyatnya pada masa itu. Ada juga tentang seorang putri cantik pandai berkuda yang tidak mau dijadikan selir bagi raja dan dia sangat menolak untuk POLIGAMI… (setujuuu!!) namanya Gusti Nurul.. Sekarang beliau masih hidup dan tinggal di Bekasi, usia 88 tahun, namun kediaman dirahasiakan (halah…kaya’ yg mau mampir aja, hee)

Disana juga ada beberapa patung yang menceritakan tentang tarian-tarian untuk acara tertentu (lupa apa) dan juga ada lukisan mengenai sesembahan raja HB untuk Nyi Roro Kidul..

Selesai muter-muter bin keliling-keliling dengan tulisan ‘No Camera’ dimana-mana, akhirnya kita disuguhkan sebuah wedangan, namanya secang. Lumayan bikin segeran, hehee…

Tak puas berkunjung tanpa bukti (foto-foto maksudnya), akhirnya ada juga wilayah yang diperbolehkan untuk berfoto…dan inilah beberapa hasilnya..🙂🙂

2

5

7

biz nyantep secang, futu2 dulu…hee…🙂

DSCF2566

secang, secang….😀

DSCF2576

gambar peta indonesia dalam balutan batik…bagus yaa..

DSCF2579

sebenernya dalam toko Ullen ini ga boleh foto2,,tapi karena awalnya ga tau, ya apa boleh buat??😀

DSCF2580

DSCF2596

ni kayanya yg difoto kepala patungnya deh???

DSCF2599

dimana aja, fotoo!!😀😀

DSCF2620

duduk bentar,eh, malah difoto lg..yasud dc,,😀

DSCF2630

foto dulu yaa…😀

DSCF2633

seruu…seruu….

DSCF2647

with Ganesha…..katanya perutnya gemuk karena kebanyakan minum ilmu pengetahuan dari mangkuk tangan kirinya…hahaa..legenda doang😀

DSCF2659

foto2 trakhir, minta tolong ma mas2nya, hehe….

NB: oia, di museum ullen sentalu ini biasanya setiap tahun diadakan festival Tari se-Asia Tenggara, yang biasanya diadakan setiap akhir tahun, kira2 bulan Oktober, dimana banyak dihadiri oleh para bule yang menampilkan tarian-tarian khas daerahnya… kata temen yang pernah nonton sih, unik banget acaranya,…huff,,, sayang….belum pernah nonton..selama 4 tahun disini..hiks’😦

2 thoughts on “Ullen Sentalu

  1. Assalamu’alaikum
    keren tuh suasana nya, enak ya masih bisa jalan2 ketempat yang bersejarah tapi tadi ane sempat heran juga kirain tadi tuh museum dah gak cagar lagi coz dilihat dari gambar yang pertama kayaknya tidak dirawat. tapi setelah dilihat difoto yang dibawahnya lumayan bagus . gak acem disini susah cari tempat2 sejarah yang msih terawat gitu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s