Balerante

Jadi ya, kemarin ceritanya bareng beberapa dosen ke desa Balerante, Klaten (sekitar 5 km dari merapi) mau membuat Jerami Fermentasi sebagai pakan ternak di kelompok ternak sana.

Saya iseng ikut dengan beberapa orang lainnya.

Adapun cara bikin jerami fermentasi sebagai pakan ternak yaitu dengan menyediakan tempat kedap udara. Disini menggunkan terpal untuk kantong gede menampung 2 truk jerami yang akan diolah.

Terpal tersebut dijadikan alas dan selimut didalam suatu ruangan. Ohya, bahan yang diperlukan yaitu jerami padi, bakteri (bisa starbio atau bakteri cair yang dilarutkan kedalam air), molases/ tetes tebu, dan pollard.

Pertama-tama, jerami dimasukkan kedalam ruangan yang telah dilapisi terpal. Jerami dibuat berlapis-lapis. Setelah jerami ditumpuk menjadi lapisan pertama, molases disiramkan keseluruh permukaan jerami, diikut dengan bakteri yang juga disiramkan, dan yang terakhir yaitu dengan menaburkan pollard ke permukaan jerami. Kemudian dibuat lapisan jerami berikutnya. Demikian dilakukan berulang-ulang. Jerami, molases, bakteri, pollard.
Setelah tumpukan terakhir selesai, terpal ditutupkan ke permukaan jerami paling atas (jerami dibungkus oleh terpal didalam ruangan tersebut).

Mulai jam 1an, dan berakhir jam 4 sore.

Dan setelah itu…. saatnya main-main ke ataaaaaaaaaaaaaaass………………… hahaa…
Ga dosen, ga mahasiswa, ternyata suka jalan-jalan juga…😀

NB: ohya, Bu profesor saya ini dilihat-lihat dari perawakannya kok cocoknya jadi dokter ya? hehe.. piss bu😀

12 thoughts on “Balerante

  1. @pendidikan utk negeri kita, wow, panjang amat id nya😀
    sy lg ga di bjm nih, hee.. gmana dunk?😀

    @Awiem, anu.. situ ga ada dsni sih, he…

    @Nitnot, makasih udh singgah😀

    @Farandyryan, makasiih.. salam kenal juga😀

    @Soe, ini ngikut dosen aja sih, kyk pengabdian ke masyarakat gt deh, hee.. makasih yaa😀

    @Puputs, iya, maen keatas maksudnya ke merapi..meski ga nyampe puncaknya jg sih..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s