Cara Membuat SKCK

Pertama-tama, kita meminta surat pengantar ke ketua RT dan RW tempat tinggal kita dengan tujuan pembuatan SKCK untuk melamar pekerjaan.

Kedua, surat pengantar yang telah di tanda tangani ketua RT dan RW kita bawa ke kelurahan, dengan menyertakan fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan foto kopi tanda lunas pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Surat pengantar dari kelurahan di fotokpi 3x, dan di cap, satu ditinggal di Kelurahan beserta dengan fotokopi KTP dan PBB.

Kemudian, dari kelurahan kita bawa kembali surat pengantar tersebut ke kecamatan, beserta dengan satu fotokopi KTP.

Setelah itu, dari kecamatan kita bawa surat pengantar tersebut ke Polres. Disana, kita perlu membawa dua fotokopi KTP, beserta 6 buah foto berwarna 4×6 yang berlatarkan merah.

Untuk pembuatan SKCK, kita memasuki ruangan intel dan mengisi formulir yang tersedia yang berisi beberapa pertanyaan seputar data diri pribadi. Kemudian, kita ke ruangan cap jari untuk perumusan sidik jari. Setelah didapat rumus sidik jari, kita kembali ke ruang intel, dan proses pembuatan SKCK pun dilakukan.

Tidak berapa lama, SKCK pun selesai dibuat dengan masa berlaku 6 bulan dan bersifat nasional. Untuk memperpanjang, kita tinggal membawa SKCK asli dan sebuah fotokopi KTP yang masih berlaku.

9 thoughts on “Cara Membuat SKCK

  1. Heeeeeeei SKCK di sini apaaa??😀

    *udah cari di google sih, ada, tapi saya tetap penasaran, di sini bener2 nggak ada*😀

  2. mau bertanya . . skck ane dibikin 5 tahun lalu . . blum diperpanjang sama sekali . . sekarang 2011 perlu lg tu ma kertas. . Apa perlu bikin lagi ? ato mash bisa diperpanjang y ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s